Inilah Tips Menggunakan Batu Alam Untuk Dinding Rumah

Batu alam sudah sering digunakan sejak dulu untuk memperindah tampilan rumah, terutama sekali pada bagian dinding. Karena batu alam memang punya beberapa kelebihan yang tidak dipunyai oleh bahan lain meski sama-sama punya sifat yang alami.

Beberapa kelebihan tersebut antara lain adalah batu tersebut bisa dipakai dalam berbagai bentuk desain rumah atau bangunan baik yang menggunakan gaya modern atau tradisional. Untuk yang suka dengan suasana dingin dan sejuk, batu alam bisa dipilih sebagai salah satu element untuk menghadirkan kesan tersebut. Namun pada sisi yang lain, batu alam juga mampu menciptakan nuansa yang hangat, akrab dan tidak monoton atau kaku.

Selain itu batu alam juga punya pilihan warna yang berbeda-beda sehingga penggunaannya bisa disesuaikan dengan selera serta jenis karakter yang ingin dimunculkan. Dan yang tidak kalah penting, bahan ini mudah ditemukan di banyak tempat sehingga ketika membutuhkan dalam jumlah yang banyak kita tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

Secara garis besar, oleh para ahli bangunan batu alam dibagi menjadi dua jenis yaitu batu yang lunak dan batu yang keras. Pembagian jenis ini berdasarkan tingkat kekuatan batu tersebut serta umurnya. Batu lunak tentu punya umur yang lebih muda dan punya sifat yang lebih empuk dan tidak kaku. Kelebihannya adalah, batu ini mudah dibentuk sehingga lebih sering digunakan untuk membuat hiasan, baik untuk interior maupun eksterior. Contoh batu dari jenis ini adalah batu palimanan dan paras.

Sedangkan batu keras, punya umur yang lebih tua dan lebih sulit untuk dibentuk. Contohnya adalah batu andesit yang sering digunakan pada bangunan candi terutama candi Hindu dan Budha yang banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah. Selain batu andesit, batu marmer dan granit juga masuk dalam golongan ini.


Read Users' Comments (0)

0 Response to "Inilah Tips Menggunakan Batu Alam Untuk Dinding Rumah"

Posting Komentar